Senin, 12 Juli 2010

ICHWAN FADILLAH ( 224307087 )

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Pada era globalisasi dimana kompetisi antar perusahaan sangat terbuka banyak sekali perusahaan baru bermunculan dan langsung mendapat tempat di hati para pelanggannya . persaiangan usaha antar beberapa perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, membuat konsumen menjadi semakin teliti dan berhati-hati dalam menentukan perusahaan mana yang akan dijadikan mitra kerja yang dapat diandalkan dan memberikan pelayanan yang terbaik .
Keunggulan suatu perusahaan dalam ketatnya persaingan usaha adalah bagaimana perusahaan tersebut dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen, sehingga konsumen merasa puas dan tidak ingin berpindah ke perusahaan lain. Namun sebaliknya, apabila perusahaan jasa tersebut sering kali mengecewakan pelanggannya, maka para pelanggannya tidak akan menggunakan kembali jasa perusahaan tersebut.
Dalam perusahaan jasa “courier” dan “cargo”, jumlah konsumen dan perusahaan jasa yang bergerak di bidang yang sama banyak sekali sehingga banyak pilihan untuk menggunakan perusahaan jasa mana pun . hal itu sangat mudah ,karena semua konsumen pasti memilih pelayanan yang terbaik dalam penanganan barangnya (shipment) sampai proses “delivery” atau sampai ke tangan consignee.
Oleh karena itu dalam menghadapi ketatnya persaingan PT.Rachmathutama Pratamamandiri yang bergerak di bidang jasa pengirimian dokumen dan barang dengan merk dagang “APX (Air Parcell Express) Internasional” secara sadar berupaya keras untuk mempertahankan exsistensi perusahaan dengan mutu pelayanan demi kepuasan pelanggan diantaranya memberikan jaminan terhadap keutuhan barang yang akan dikirim yaitu dengan adanya pemberian asuransi, sehingga kondisi barang tersebut tidak mengalami perubahan atau kerusakan . selain itu ,perusahaan juga harus siap untuk sewaktu-waktu menangani claim asuransi bila barang tersebut mengalami kerusakan akibat terjadinya kelalaian kerja dari sumber daya manusia atau sebab-sebab lain dari PT.Rachmathutama Pratamamandiri. Perusahaan harus menentukan jenis barang yang termasuk kategori asuransi. Packing dari barang yang di asuransikan juga perlu di perhatikan agar pelaksanaan pengiriman barang tersebut tidak tertunda.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam dan mengemukakan dalam bentuk sebuah skripsi dengan judul :
“PERANAN ASURANSI BARANG EXSPOR TERHADAP PENANGANAN DAMAGE GOODS PADA PT.RACHMATHUTAMA PRATAMAMANDIRI (APX INTERNASIONAL) DI JAKARTA TAHUN 2003-2005”.

A. Perumusan Masalah
1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan diatas maka dalam penelitian ini penulis perlu mengidentifikasikan beberapa masalah sebagai berikut :
a. Masalah barang kategori asuransi
b. Masalah barang kategori non asuransi
c. Masalah asuransi barang export
d. Masalah damage goods
e. Masalah penanganan claim asuransi
2. Pembatasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah tersebut maka penulis membatasi masalah yang akan dibahas pada tulisan ini adalah difokuskan pada masalah peranan asuransi barang ekspor terhadap damage goods di PT. Rachmathutama Pratamamandiri.
3. Pokok Permasalahan
Adapun rumusan pokok permasalahan untuk pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut :
a. Bagaimana pelaksanaan asuransi barang eksport ?
b. Bagaimana pananganan damage goods ?
c. Bagaimana hubungan antara asuransi barang eksport dengan penanganan damage goods ?
B. Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
a. untuk mengetahui bagaimana pelaksanan asuransi barang eksport.
b. untuk mengetahui bagaimana penanganan damage goods.
c. Untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara asuransi barang eksport dengan penanganan damage goods pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri

2. Manfaat penelitian
a. Bagi Penulis
untuk menambah pengetahuan dan memperluas wawasan ilmu yang telah di dapat pada saat kuliah dengan pelaksanaan penelitian pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri juga sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana ekonomi (S1)
di Sekolah Tinggi Manajemen Transpor TRISAKTI dengan program studi managemen tranpor laut.

b. Bagi Perusahaan
penelitian ini dapat dijadikan masukan atau saran bagi perusahaan mengenai penanganan damage goods yang baik dilihat dari sisi peranan asuransi.

c. Bagi Lembaga STMT TRISAKTI dan masyarakat
Sebagai informasi dan tambahan pengetahuan bagi lembaga dan masyarakat, sehingga dapat mengetahui hubungan asuransi dengan penanganan damage goods yang ada di PT. Rachmathutama Pratamamandiri.

C. Metodologi Penelitian
1. Jenis dan sumber data
Adapun jenis data penelitian ini adalah berupa data kualitatif , sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diproleh melalui surfey secara langsung dari lapangan terhadap perusahaan . dan dalam melakukan penelitian terhadap data-data yang diperoleh untuk penulisan skripsi ini, maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptip yaitu suatu penelitian yang dilakuakan dengan cara membandingkan fakta yang ada di perusahaan teoritis yang erat hubungannya dengan masalah yang diteliti.

2. Populasi dan sample
Populasi merupakan kegiatan objek secara keseluruhan atau generalisasi dari objek atau subyek yang memiliki kuantitas dan karakteristik tertentu yang di tetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan di ambil kesimpulannya.
3. Metode Pengumpulan Data
Ada 2 jenis data yang diproleh yaitu data skunder dan data primer yang dibedakan dengan cara metode pengumpulan datanya .
D. Sistemmatika penulisan skripsi
Secara garis besar , skripsi ini terdiri dari 5 bab dimana pada setiap bab terdiri atas sub bab yang menjelaskan isi yang berbeda-beda dari bab tersebut yang diuraikan sebagai berikut :

Bab I PENDAHULUAN
Bab ini berisi gambaran secara garis besar masalah yang akan dibahas , yaitu terdiri dari latar belakang masalah, perumusan masalah, yang terdiri dari (identifikasi maslah, batasan, pokok permasalahan) tujuan dan manfaat penelitian , metodelogi penelitian yaitu antara lain (jenis dan sumber data, populasi dan sample, metode pengumpulan data, metode analisis data) serta hipotesis dan sistematika penyusunan skripsi.

Bab II LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan di sampaikan teori-teori yang berkaitan dengan variable penelitian sebagai dasar penting didalam penulisan sekaligus landasan pembahasan pada bab-bab berikutnya yang bersumber dari berbagai literature dokumen dan sumber bacaan yang relevan.

Bab III LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
Dalam bab ini akan dilaporkan gambaran umum , profil, struktur organisasi, pembagian tugas kerja dan lain-lain pada perusahaan PT. Rachmathutama Pratamamandiri.

Bab IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Bab ini menyajikan hasil analis pembahasan terhadap seluruh data hasil penelitian dengan cara metode statitiska mengikuti langkah” prosedur dan rumus-rumus yang tertera pada bab 1.

Bab V PENUTUP
Bab ini menguraikan kesimpulan dari bab-bab sebelumnya, selain itu juga mengemukakan saran-saran yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan pada PT. Rachmathutama Pratamamandiri yang beroperasi di Jakarta .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar