Senin, 12 Juli 2010

SHEILLA ANGGRIDA [ 224307106 ]

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi disegala bidang harus diikuti dengan persiapan sumber daya manusia yang handal. Teknologi bekembang tiap hitungan detik, apabila kita terlengah sedikit saja maka kita akan ditinggalkan oleh perkembangan teknologi akibatnya kita hanya menjadi penonton dan bisa saja kita menjadi budak teknologi. Untuk mengatasi hal tersebut maka dari sekarang kita harus bisa mempersiapkan diri untuk mengimbangi perkembangan teknologi dari waktu kewaktu.
Dalam dunia instansi, khususnya pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga. Teknologi informasi sangat dibutuhkan dengan sebuah sistem yang bisa mengendalikan dan mengelola pajak sehingga setiap transaksi yang terjadi bisa menghasilkan informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu. Untuk itu perlu dipersiapkan sumber daya manusia yang memahami dan mengerti tentang teknologi informasi dan bisa mengendalikan sistem informasi dalam instansi tersebut.
Penyediaan informasi yang harus dilakukan perlu menjadi perhatian utama Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga, sebab Dinas Pendapatan merupakan satu unit organisasi yang bertanggung jawab dalam penyediaan informasi, meliputi identitas atau keterangan yang menyangkut objek dan subjek pajak secara lengkap, tepat, dan cepat. Dalam hal ini mengandung arti bahwa penyediaan informasi harus dilakukan secara sistematis dan terpola dengan tepat, agar mampu menunjang peningkatan pendapatan daerah.
Penyediaan informasi atas objek dan subjek yang tepat, cepat dan lengkap telah menjadi pusat perhatian pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga dalam meningkatkan pendapatan daerah. Adapun perusahaan yang menjadi objek pajak daerah adalah hotel/penginapan, restoran/rumah makan. Penyajian informasi objek dan subjek pajak dilakukan sesuai dengan kebutuhan untuk digunakan dalam pendapatan wajib pajak secara cermat, tepat dan lengkap mudah ditemukan. Pelaksanaan pendapatan wajib pajak dapat dilakukan berbagai cara, hanya tergantung dari kebutuhan dan volume data yang dibutuhkan dan digunakan.
Berdasarkan hasil pengamatan, menunjukkan bahwa permasalahan yang dapat menghambat pendapatan wajib pajak adalah :
1. Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga belum mampu untuk menyajikan informasi yang tepat dan lengkap. Hal ini memperlihatkan adanya dampak dari pendapatan wajib pajak belum dilakukan pengklasifikasian dengan tepat, sehingga sering terjadi kekeliruan dalam pendapatan kelas objek pajak. Akhirnya dapat mengurangi realisasi yang telah ditentukan.
2. Pemenuhan kebutuhan informasi sering terlambat, sehingga dapat menghambat dalam penetapan pajak. Hal ini masih menunjukkan bahwa masih terdapat sejumlah objek pajak yang tidak sesuai dengan informasi yang ada. Dengan demikian akan dapat menghambat penetapan pajak secara tepat dan cepat.
3. Penataan data belum dilakukan secara sistematis, sehingga menghambat pelaksanaan pendapatan, karena dalam penyimpanan data belum dilakukan secara tertib dan teratur.
Berdasarkan dari permasalahan tersebut di atas, penulis terdorong untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut mengenai pelaksanaan pendapatan wajib pajak yang berjalan saat ini, yang dituangkan dalam bentuk skripsi yang berjudul “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PAJAK HOTEL DAN RESTORAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA SIBOLGA”.
B. Permasalahan
Berdasarkan dari latar belakang masalah di atas serta hasil dari penelitian lapangan yang penulis lakukan, maka dapat ditarik beberapa permasalahan yang ada yaitu :
1. Dalam menentukan nilai pajak atau besarnya pajak, petugas masih mempergunakan formulir yang tersedia pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga.
2. Belum tersedianya sistem dalam melakukan pengumpulan formulir yang telah di isi oleh wajib pajak, sehingga sering terjadinya kesalahan atau kerancuan dalam memproses pengumpulan formulir tersebut.
3. Dalam melakukan transaksi penyetoran oleh wajib pajak, petugas membutuhkan waktu yang lama, karena pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga masih bersifat manual dalam arti kata masih mempergunakan pengarsipan file-file.
4. Apabila diperlukan data-data tentang pajak hotel dan restoran untuk tahun sebelumnya, maka dibutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan data tersebut.
C. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu dan tidak meluasnya skripsi ini penulis membatasi permasalahan dan pembahasan hanya pada pendataan nilai wajib pajak hotel dan restoran yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga.
D. Hipotesa
Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga dalam pendataan wajib pajak hotel dan restoran, cara yang dipakai untuk mengatasi permasalahan tersebut sebagai berikut :
a. Membuat sistem dengan menggunakan pemrograman berbasis objek, untuk meningkatkan efektivitas dalam menyajikan sebuah informasi yang cepat dan akurat.
b. Pada dasarnya pendapatan wajib pajak hotel dan restoran yang diakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga dalam menunjang tertib administrasi sudah berjaan dengan baik, hanya saja perlu adanya peningkatan sumber daya manusia (kecakapan, keahlian dan keuletan dari petugas Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga).
c. Memerlukan teknologi informasi yang lebih demi memudahkan petugas dalam melakukan penentuan niai pajak atau besarnya pajak serta transaksi penyetoran oleh wajib pajak tidak membutuhkan waktu yang lama dan pemrosesan pengumpulan formulir berjalan dengan cepat.
E. Tujuan dan Manfaat Penulisan
1. Tujuan Penelitian :
a. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendapatan wajib pajak dalam menunjang tertib administrasi pajak hotel dan restoran di Dinas Pendapatan Daerah Kota Sibolga.
b. Salah satu syarat mencapai gelar strata satu (S1) pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Indonesia Padang.
2. Manfaat Penelitian :
1. Bagi Penulis
Menambah wawasan penulis dalam merancang bangun sebuah sistem informasi dengan menggunakan pemrograman berorientasi objek.
2. Bagi STMIK Indonesia Padang
Untuk menambah referensi bagi perpustakaan STMIK Indonesia Padang.
F. Metode Pengolahan Data
Penulisan skripsi ini membutuhkan beberapa metoda pengumpulan data yang diperlukan, metoda yang dipakai sebagai berikut:
a. Penelitian Lapangan (Field Research)
Melakukan observasi langsung kelapangan dengan melakukan magang dan wawancara langsung kepada karyawan serta kemungkinan-kemungkinan lainnya yang dapat membantu dalam pembuatan sistem yang lebih bermanfaat.
b. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Metode riset yang dilakukan diperpustakaan dengan mempelajari buku-buku yang tersedia serta mempelajari literatur-literatur yang ada hubungannya dengan masalah yang dibahas.
c. Penelitian Laboratorium (Laboratory Research)
Melakukan penelitian dilabor dengan data-data yang telah dikumpulkan kemudian diolah dengan menggunakan hardware dan software komputer, untuk dapat dilakukan pengujian dan pengimplementasian hasil program.
G. Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah memahami uarian yang ada pada skripsi ini, secara ringkas dapat dijelaskan sistematika penulisannnya yaitu :
BAB I PENDAHULUAN
Yang berisikan pendahuluan, latar belakang masalah, permasalahan, batasan masalah, hipotesa, tujuan dan manfaat penulisan, metode pengolahan data dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Berisi Tinjauan tentang pajak hotel dan restoran, pengertian komputer, database, sistem informasi, analisa dan perancangan sistem, pengolahan data, dan gambaran umum tentang microsoft objek.
BAB III ANALISA SISTEM
Berisikan sistem yang sedang berjalan dan sistem yang diusulkan.
BAB IV PERANCANGAN SISTEM
Berisi rancangan global (context diagram, data flow diagram, entity relationship diagram) dan rancangan rinci (rancangan file, rancangan input, rancangan proses, rancangan output).
BAB V IMPLEMENTASI DAN HASIL SISTEM
Menjelaskan hasil dari sistem dan implementasi sistem.
BAB VI PENUTUP
Kesimpulan dan saran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar