Kamis, 24 Juni 2010

IRPAN SETIAWAN ( 224307077 )

NAMA : IRPAN SETIAWAN

NIM : 224307077

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Jasa angkutan antar pulau di Indonesia maupun negara lain merupakan salah satu sarana untuk melakukan kegiatan ekspor impor di Indonesia dan di luar negeri yang terpisahkan oleh laut. Transportasi saat ini memegang peran yang penting dalam kegiatan ekspor impor khususnya dalam perdagangan internasional, salah satu moda transportasi yang sangat diminati dalam perdagangan internasional adalah dengan menggunakan moda transportasi laut.

Pada proses transportasi melalui laut peran perusahaan pelayaran sangat penting yaitu sebagai pemberi jasa pengangkutan melalui moda transportasi laut yaitu dengan kapal laut, maka selayaknya perusahaan pelayaran mempunyai armada yang baik dan laiklaut ( armada yang siap untuk menjalankan segala operasional kapal ). PT Berlian Laju Tanker Tbk Jakarta salah satu dari sekian banyak perusahaan pelayaran nasional yang berkembang di Indonesia. PT Berlian Laju Tanker Tbk sudah melayani konsumen nasional sejak tahun 1981 sampai sekarang dan memilki armada kapal sendiri sebanyak 91 yang dioperasikan oleh PT Berlian Laju Tanker tbk Jakarta sendiri dan juga beberapa diantaranya dicharter oleh PT Pertamina Indonesia. PT Karya Bakti Adil adalah anak perusahaan dari PT Berlian Laju Tanker tbk yang mengurusi pengawakan kapal ( Crew Manning and Rolling Departement ) dimana penulis melaksanakan praktek kerja nyata. Dalam hal pemenuhan pengawakan kapal Crew Manning and Rolling Departement dalam divisi ini mencakup berbagai hal yang dalam kaitannya :

1. Mengatur dan mengawasi naik turunnya ( Rolling ) awak kapal ( Crew ).

2. Menyediakan awak kapal ( Crew Recruitment ) untuk memenuhi armada.

3. Pemeliharaan awak kapal, serta perencanaan untuk menempatkan awak kapal ( Rolling Crew ) pada kapal yang sesuai oleh kualifikasi yang telah ditetapkan oleh manajemen kapal ( Ship Management ).

Jumlah standar untuk memenuhi crew di suatu kapal tertulis dalam sertifikat safe manning yang sudah ditetapkan oleh Departemen Perhubungan yang dalam hai ini sebagai regulator, ada tiga cara untuk mengatur crew untuk kapal-kapal di suatu perusahaan yaitu :

1. Mempekerjakan crew langsung oleh perusahaan pelayaran.

2. Mempekerjakan crew sesuai sertifikat pendidikan crew.

3. Mempekerjakan crew melalui suatu badan.

Perusahaan pelayaran haruslah menjalankan pengawakan kapal yang baik dan siap untuk memenuhi armada yang ada dalam perusahaan pelayaran itu sendiri. Namun pada kenyataannya untuk pemenuhan crew sering terjadi kurang atau tidak bisa memenuhi jumlah kebutuhan kapal yang dioperasikan oleh perusahaan dan mengakibatkan perencanaan rolling crew menjadi tidak sesuai yang sudah direncanakan begitu juga dengan kesesuaian kontrak crew Maka tujuan dari pembahasan masalah ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perencanaan rolling crew yang berdampak kepada kesesuaian kontrak kerja crew.

Penulis melakukan penelitian pada saat melaksanakan praktek kerja nyata di PT Karya Bakti Adil yang sebagai manajemen crew untuk sebagian besar kapal milik PT Berlian laju Tanker tbk. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis menyajikan objek penulisan skripsi ini dengan judul :

“PENGARUH PERENCANAAN ROLLING CREW BERDAMPAK KEPADA KESESUAIAN KONTRAK KERJA CREW DI PT.KARYA BAKTI ADIL”

B. TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN

1. Tujuan Penelitian

Penelitian yang dilakukan secara umum untuk mengidentifikasi masalah yang timbul, tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini antara lain adalah :

a. Untuk mengetahui besarnya pengaruh perencanaan rolling crew yang berdampak kepada kesesuaian kontrak.

b. Untuk mencari cara agar perencanaan rolling crew yang sudah direncanakan sesuai dengan kenyataannya.

2. Kegunaan Penelitian

Selain dari tujuan penelitian yang hendak dicapai di atas, penulis juga mengharapkan skripsi ini memberikan kegunaan untuk :

a. Penulis dan pembaca, sebagai bahan pengetahuan yang aktual tentang cara perencanaan rolling crew dan dampaknya terhadap kesesuaian kontrak kerja crew.

b. PT Karya Bakti Adil, guna mengevaluasi permasalahan tersebut diatas demi kelancaran manajemen operasional perusahaan. Disamping itu, juga dapat memberikan sumbangan pikiran dan pertimbangan dalam perencanaan rolling crew

c. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, sebagai bahan literature tambahan untuk memperluas wacana tentang keadaan perusahaan pelayaran di Indonesia

C. PERUMUSAN MASALAH

Dari uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah dan sesuai dengan judul yang penulis ambil yaitu “PENGARUH PERENCANAAN ROLLING CREW BERDAMPAK KEPADA KESESUAIAN KONTRAK KERJA CREW DI PT KARYA BAKTI ADIL”, maka permasalahan yang akan dibahas adalah mengenai data perencanaan rolling crew yang sudah dijadwalkan yang dipengaruhi oleh data kontrak kerja crew dari PT Karya Bakti Adil selama rentang waktu oktober 2008 – juni 2009.

Dari identifikasi di atas,rumusan masalah yang akan dibahas sebagai pokok permasalahan pada skripsi ini adalah :

1. Apakah yang menyebabkan pergantian crew kapal tidak sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan.

2. Apakah yang menyebabkan crew recruitment belum sesuai dengan standar dan sumber daya manusia yang kurang

3. Apa dampak dari bentuk kontrak kerja yang tidak sesuai

D. BATASAN MASALAH

Dalam penyusunan skripsi ini penulis akan membatasi masalah sesuai dengan judul pembahasan yang akan ditekankan pada faktor terjadinya perencanaan rolling crew yang tidak sesuai, kurangnya sumber daya manusia yang sesuai dengan standar crew recruitment dan dampaknya terhadap bentuk kontrak kerja crew pada rentang waktu oktober 2008 – juni 2009. di PT Karya Bakti Adil

E. SISTEMATIKA PENULISAN

Dalam sistematika penulisan skripsi ini akan diajukan 5 bab, yang diawali dengan hal – hal yang bersifat umum, namun berhubungan dengan penulisan yang disajikan ( sebagai pengantar ) dan kemudian pada tiap - tiap bab akan dibagi sub bab yang saling berkaitan dan selanjutnya penulis membahas tentang hal – hal yang berkaitan langsung dengan judul dan disusun sedemikian rupa sehingga diharapkan akan sangat memudahkan para pembaca memahami, bahkan lebih mengerti tentang apa yang dijelaskan oleh penulis dalam skripsi ini.

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis memuat pendahuluan yang menguraikan latar belakang masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, rumusan masalah, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini mengemukakan tentang tinjauan pustaka atau menjelaskan teori – teori yang ada hubungan dengan masalah secara deduktif dari teori yang berlingkup luas untuk menganalisa perkembangan permasalahan skripsi serta kerangka pemikiran tentang masalah yang diteliti dan hipotesis.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini penulis menjelaskan waktu dan tempat penelitian, teknik penelitian dengan menguraikan tentang tinjauan pustaka, populasi dan sampel serta teknik analisis

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini penulis mengemukakan tentang deskripsi data yaitu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, analisis data, dan alternatif pemecahan masalah, serta evaluasi pemecahan masalah

BAB V PENUTUP

Bab ini merupakan bab terakhir dari penulisan skripsi yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Dalam bab ini akan menjelaskan kesimpulan – kesimpulan yang dapat penulis ambil dari keseluruhan, sedangkan saran disesuaikan dengan pembahasan dari perumusan masalah dan hasil pemecahan / solusi pada analisis dan pembahasan.

N

NAMA : IRPAN SETIAWAN

NIM : 224307077

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Jasa angkutan antar pulau di Indonesia maupun negara lain merupakan salah satu sarana untuk melakukan kegiatan ekspor impor di Indonesia dan di luar negeri yang terpisahkan oleh laut. Transportasi saat ini memegang peran yang penting dalam kegiatan ekspor impor khususnya dalam perdagangan internasional, salah satu moda transportasi yang sangat diminati dalam perdagangan internasional adalah dengan menggunakan moda transportasi laut.

Pada proses transportasi melalui laut peran perusahaan pelayaran sangat penting yaitu sebagai pemberi jasa pengangkutan melalui moda transportasi laut yaitu dengan kapal laut, maka selayaknya perusahaan pelayaran mempunyai armada yang baik dan laiklaut ( armada yang siap untuk menjalankan segala operasional kapal ). PT Berlian Laju Tanker Tbk Jakarta salah satu dari sekian banyak perusahaan pelayaran nasional yang berkembang di Indonesia. PT Berlian Laju Tanker Tbk sudah melayani konsumen nasional sejak tahun 1981 sampai sekarang dan memilki armada kapal sendiri sebanyak 91 yang dioperasikan oleh PT Berlian Laju Tanker tbk Jakarta sendiri dan juga beberapa diantaranya dicharter oleh PT Pertamina Indonesia. PT Karya Bakti Adil adalah anak perusahaan dari PT Berlian Laju Tanker tbk yang mengurusi pengawakan kapal ( Crew Manning and Rolling Departement ) dimana penulis melaksanakan praktek kerja nyata. Dalam hal pemenuhan pengawakan kapal Crew Manning and Rolling Departement dalam divisi ini mencakup berbagai hal yang dalam kaitannya :

1. Mengatur dan mengawasi naik turunnya ( Rolling ) awak kapal ( Crew ).

2. Menyediakan awak kapal ( Crew Recruitment ) untuk memenuhi armada.

3. Pemeliharaan awak kapal, serta perencanaan untuk menempatkan awak kapal ( Rolling Crew ) pada kapal yang sesuai oleh kualifikasi yang telah ditetapkan oleh manajemen kapal ( Ship Management ).

Jumlah standar untuk memenuhi crew di suatu kapal tertulis dalam sertifikat safe manning yang sudah ditetapkan oleh Departemen Perhubungan yang dalam hai ini sebagai regulator, ada tiga cara untuk mengatur crew untuk kapal-kapal di suatu perusahaan yaitu :

1. Mempekerjakan crew langsung oleh perusahaan pelayaran.

2. Mempekerjakan crew sesuai sertifikat pendidikan crew.

3. Mempekerjakan crew melalui suatu badan.

Perusahaan pelayaran haruslah menjalankan pengawakan kapal yang baik dan siap untuk memenuhi armada yang ada dalam perusahaan pelayaran itu sendiri. Namun pada kenyataannya untuk pemenuhan crew sering terjadi kurang atau tidak bisa memenuhi jumlah kebutuhan kapal yang dioperasikan oleh perusahaan dan mengakibatkan perencanaan rolling crew menjadi tidak sesuai yang sudah direncanakan begitu juga dengan kesesuaian kontrak crew Maka tujuan dari pembahasan masalah ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perencanaan rolling crew yang berdampak kepada kesesuaian kontrak kerja crew.

Penulis melakukan penelitian pada saat melaksanakan praktek kerja nyata di PT Karya Bakti Adil yang sebagai manajemen crew untuk sebagian besar kapal milik PT Berlian laju Tanker tbk. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis menyajikan objek penulisan skripsi ini dengan judul :

“PENGARUH PERENCANAAN ROLLING CREW BERDAMPAK KEPADA KESESUAIAN KONTRAK KERJA CREW DI PT.KARYA BAKTI ADIL”

B. TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN

1. Tujuan Penelitian

Penelitian yang dilakukan secara umum untuk mengidentifikasi masalah yang timbul, tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini antara lain adalah :

a. Untuk mengetahui besarnya pengaruh perencanaan rolling crew yang berdampak kepada kesesuaian kontrak.

b. Untuk mencari cara agar perencanaan rolling crew yang sudah direncanakan sesuai dengan kenyataannya.

2. Kegunaan Penelitian

Selain dari tujuan penelitian yang hendak dicapai di atas, penulis juga mengharapkan skripsi ini memberikan kegunaan untuk :

a. Penulis dan pembaca, sebagai bahan pengetahuan yang aktual tentang cara perencanaan rolling crew dan dampaknya terhadap kesesuaian kontrak kerja crew.

b. PT Karya Bakti Adil, guna mengevaluasi permasalahan tersebut diatas demi kelancaran manajemen operasional perusahaan. Disamping itu, juga dapat memberikan sumbangan pikiran dan pertimbangan dalam perencanaan rolling crew

c. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, sebagai bahan literature tambahan untuk memperluas wacana tentang keadaan perusahaan pelayaran di Indonesia

C. PERUMUSAN MASALAH

Dari uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah dan sesuai dengan judul yang penulis ambil yaitu “PENGARUH PERENCANAAN ROLLING CREW BERDAMPAK KEPADA KESESUAIAN KONTRAK KERJA CREW DI PT KARYA BAKTI ADIL”, maka permasalahan yang akan dibahas adalah mengenai data perencanaan rolling crew yang sudah dijadwalkan yang dipengaruhi oleh data kontrak kerja crew dari PT Karya Bakti Adil selama rentang waktu oktober 2008 – juni 2009.

Dari identifikasi di atas,rumusan masalah yang akan dibahas sebagai pokok permasalahan pada skripsi ini adalah :

1. Apakah yang menyebabkan pergantian crew kapal tidak sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan.

2. Apakah yang menyebabkan crew recruitment belum sesuai dengan standar dan sumber daya manusia yang kurang

3. Apa dampak dari bentuk kontrak kerja yang tidak sesuai

D. BATASAN MASALAH

Dalam penyusunan skripsi ini penulis akan membatasi masalah sesuai dengan judul pembahasan yang akan ditekankan pada faktor terjadinya perencanaan rolling crew yang tidak sesuai, kurangnya sumber daya manusia yang sesuai dengan standar crew recruitment dan dampaknya terhadap bentuk kontrak kerja crew pada rentang waktu oktober 2008 – juni 2009. di PT Karya Bakti Adil

E. SISTEMATIKA PENULISAN

Dalam sistematika penulisan skripsi ini akan diajukan 5 bab, yang diawali dengan hal – hal yang bersifat umum, namun berhubungan dengan penulisan yang disajikan ( sebagai pengantar ) dan kemudian pada tiap - tiap bab akan dibagi sub bab yang saling berkaitan dan selanjutnya penulis membahas tentang hal – hal yang berkaitan langsung dengan judul dan disusun sedemikian rupa sehingga diharapkan akan sangat memudahkan para pembaca memahami, bahkan lebih mengerti tentang apa yang dijelaskan oleh penulis dalam skripsi ini.

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis memuat pendahuluan yang menguraikan latar belakang masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, rumusan masalah, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini mengemukakan tentang tinjauan pustaka atau menjelaskan teori – teori yang ada hubungan dengan masalah secara deduktif dari teori yang berlingkup luas untuk menganalisa perkembangan permasalahan skripsi serta kerangka pemikiran tentang masalah yang diteliti dan hipotesis.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini penulis menjelaskan waktu dan tempat penelitian, teknik penelitian dengan menguraikan tentang tinjauan pustaka, populasi dan sampel serta teknik analisis

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini penulis mengemukakan tentang deskripsi data yaitu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, analisis data, dan alternatif pemecahan masalah, serta evaluasi pemecahan masalah

BAB V PENUTUP

Bab ini merupakan bab terakhir dari penulisan skripsi yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Dalam bab ini akan menjelaskan kesimpulan – kesimpulan yang dapat penulis ambil dari keseluruhan, sedangkan saran disesuaikan dengan pembahasan dari perumusan masalah dan hasil pemecahan / solusi pada analisis dan pembahasan.

AMA : IRPAN SETIAWAN

NIM : 224307077

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Jasa angkutan antar pulau di Indonesia maupun negara lain merupakan salah satu sarana untuk melakukan kegiatan ekspor impor di Indonesia dan di luar negeri yang terpisahkan oleh laut. Transportasi saat ini memegang peran yang penting dalam kegiatan ekspor impor khususnya dalam perdagangan internasional, salah satu moda transportasi yang sangat diminati dalam perdagangan internasional adalah dengan menggunakan moda transportasi laut.

Pada proses transportasi melalui laut peran perusahaan pelayaran sangat penting yaitu sebagai pemberi jasa pengangkutan melalui moda transportasi laut yaitu dengan kapal laut, maka selayaknya perusahaan pelayaran mempunyai armada yang baik dan laiklaut ( armada yang siap untuk menjalankan segala operasional kapal ). PT Berlian Laju Tanker Tbk Jakarta salah satu dari sekian banyak perusahaan pelayaran nasional yang berkembang di Indonesia. PT Berlian Laju Tanker Tbk sudah melayani konsumen nasional sejak tahun 1981 sampai sekarang dan memilki armada kapal sendiri sebanyak 91 yang dioperasikan oleh PT Berlian Laju Tanker tbk Jakarta sendiri dan juga beberapa diantaranya dicharter oleh PT Pertamina Indonesia. PT Karya Bakti Adil adalah anak perusahaan dari PT Berlian Laju Tanker tbk yang mengurusi pengawakan kapal ( Crew Manning and Rolling Departement ) dimana penulis melaksanakan praktek kerja nyata. Dalam hal pemenuhan pengawakan kapal Crew Manning and Rolling Departement dalam divisi ini mencakup berbagai hal yang dalam kaitannya :

1. Mengatur dan mengawasi naik turunnya ( Rolling ) awak kapal ( Crew ).

2. Menyediakan awak kapal ( Crew Recruitment ) untuk memenuhi armada.

3. Pemeliharaan awak kapal, serta perencanaan untuk menempatkan awak kapal ( Rolling Crew ) pada kapal yang sesuai oleh kualifikasi yang telah ditetapkan oleh manajemen kapal ( Ship Management ).

Jumlah standar untuk memenuhi crew di suatu kapal tertulis dalam sertifikat safe manning yang sudah ditetapkan oleh Departemen Perhubungan yang dalam hai ini sebagai regulator, ada tiga cara untuk mengatur crew untuk kapal-kapal di suatu perusahaan yaitu :

1. Mempekerjakan crew langsung oleh perusahaan pelayaran.

2. Mempekerjakan crew sesuai sertifikat pendidikan crew.

3. Mempekerjakan crew melalui suatu badan.

Perusahaan pelayaran haruslah menjalankan pengawakan kapal yang baik dan siap untuk memenuhi armada yang ada dalam perusahaan pelayaran itu sendiri. Namun pada kenyataannya untuk pemenuhan crew sering terjadi kurang atau tidak bisa memenuhi jumlah kebutuhan kapal yang dioperasikan oleh perusahaan dan mengakibatkan perencanaan rolling crew menjadi tidak sesuai yang sudah direncanakan begitu juga dengan kesesuaian kontrak crew Maka tujuan dari pembahasan masalah ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perencanaan rolling crew yang berdampak kepada kesesuaian kontrak kerja crew.

Penulis melakukan penelitian pada saat melaksanakan praktek kerja nyata di PT Karya Bakti Adil yang sebagai manajemen crew untuk sebagian besar kapal milik PT Berlian laju Tanker tbk. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis menyajikan objek penulisan skripsi ini dengan judul :

“PENGARUH PERENCANAAN ROLLING CREW BERDAMPAK KEPADA KESESUAIAN KONTRAK KERJA CREW DI PT.KARYA BAKTI ADIL”

B. TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN

1. Tujuan Penelitian

Penelitian yang dilakukan secara umum untuk mengidentifikasi masalah yang timbul, tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini antara lain adalah :

a. Untuk mengetahui besarnya pengaruh perencanaan rolling crew yang berdampak kepada kesesuaian kontrak.

b. Untuk mencari cara agar perencanaan rolling crew yang sudah direncanakan sesuai dengan kenyataannya.

2. Kegunaan Penelitian

Selain dari tujuan penelitian yang hendak dicapai di atas, penulis juga mengharapkan skripsi ini memberikan kegunaan untuk :

a. Penulis dan pembaca, sebagai bahan pengetahuan yang aktual tentang cara perencanaan rolling crew dan dampaknya terhadap kesesuaian kontrak kerja crew.

b. PT Karya Bakti Adil, guna mengevaluasi permasalahan tersebut diatas demi kelancaran manajemen operasional perusahaan. Disamping itu, juga dapat memberikan sumbangan pikiran dan pertimbangan dalam perencanaan rolling crew

c. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, sebagai bahan literature tambahan untuk memperluas wacana tentang keadaan perusahaan pelayaran di Indonesia

C. PERUMUSAN MASALAH

Dari uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah dan sesuai dengan judul yang penulis ambil yaitu “PENGARUH PERENCANAAN ROLLING CREW BERDAMPAK KEPADA KESESUAIAN KONTRAK KERJA CREW DI PT KARYA BAKTI ADIL”, maka permasalahan yang akan dibahas adalah mengenai data perencanaan rolling crew yang sudah dijadwalkan yang dipengaruhi oleh data kontrak kerja crew dari PT Karya Bakti Adil selama rentang waktu oktober 2008 – juni 2009.

Dari identifikasi di atas,rumusan masalah yang akan dibahas sebagai pokok permasalahan pada skripsi ini adalah :

1. Apakah yang menyebabkan pergantian crew kapal tidak sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan.

2. Apakah yang menyebabkan crew recruitment belum sesuai dengan standar dan sumber daya manusia yang kurang

3. Apa dampak dari bentuk kontrak kerja yang tidak sesuai

D. BATASAN MASALAH

Dalam penyusunan skripsi ini penulis akan membatasi masalah sesuai dengan judul pembahasan yang akan ditekankan pada faktor terjadinya perencanaan rolling crew yang tidak sesuai, kurangnya sumber daya manusia yang sesuai dengan standar crew recruitment dan dampaknya terhadap bentuk kontrak kerja crew pada rentang waktu oktober 2008 – juni 2009. di PT Karya Bakti Adil

E. SISTEMATIKA PENULISAN

Dalam sistematika penulisan skripsi ini akan diajukan 5 bab, yang diawali dengan hal – hal yang bersifat umum, namun berhubungan dengan penulisan yang disajikan ( sebagai pengantar ) dan kemudian pada tiap - tiap bab akan dibagi sub bab yang saling berkaitan dan selanjutnya penulis membahas tentang hal – hal yang berkaitan langsung dengan judul dan disusun sedemikian rupa sehingga diharapkan akan sangat memudahkan para pembaca memahami, bahkan lebih mengerti tentang apa yang dijelaskan oleh penulis dalam skripsi ini.

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis memuat pendahuluan yang menguraikan latar belakang masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, rumusan masalah, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini mengemukakan tentang tinjauan pustaka atau menjelaskan teori – teori yang ada hubungan dengan masalah secara deduktif dari teori yang berlingkup luas untuk menganalisa perkembangan permasalahan skripsi serta kerangka pemikiran tentang masalah yang diteliti dan hipotesis.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini penulis menjelaskan waktu dan tempat penelitian, teknik penelitian dengan menguraikan tentang tinjauan pustaka, populasi dan sampel serta teknik analisis

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini penulis mengemukakan tentang deskripsi data yaitu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, analisis data, dan alternatif pemecahan masalah, serta evaluasi pemecahan masalah

BAB V PENUTUP

Bab ini merupakan bab terakhir dari penulisan skripsi yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Dalam bab ini akan menjelaskan kesimpulan – kesimpulan yang dapat penulis ambil dari keseluruhan, sedangkan saran disesuaikan dengan pembahasan dari perumusan masalah dan hasil pemecahan / solusi pada analisis dan pembahasan.

NAMA : IRPAN SETIAWAN

NIM : 224307077

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Jasa angkutan antar pulau di Indonesia maupun negara lain merupakan salah satu sarana untuk melakukan kegiatan ekspor impor di Indonesia dan di luar negeri yang terpisahkan oleh laut. Transportasi saat ini memegang peran yang penting dalam kegiatan ekspor impor khususnya dalam perdagangan internasional, salah satu moda transportasi yang sangat diminati dalam perdagangan internasional adalah dengan menggunakan moda transportasi laut.

Pada proses transportasi melalui laut peran perusahaan pelayaran sangat penting yaitu sebagai pemberi jasa pengangkutan melalui moda transportasi laut yaitu dengan kapal laut, maka selayaknya perusahaan pelayaran mempunyai armada yang baik dan laiklaut ( armada yang siap untuk menjalankan segala operasional kapal ). PT Berlian Laju Tanker Tbk Jakarta salah satu dari sekian banyak perusahaan pelayaran nasional yang berkembang di Indonesia. PT Berlian Laju Tanker Tbk sudah melayani konsumen nasional sejak tahun 1981 sampai sekarang dan memilki armada kapal sendiri sebanyak 91 yang dioperasikan oleh PT Berlian Laju Tanker tbk Jakarta sendiri dan juga beberapa diantaranya dicharter oleh PT Pertamina Indonesia. PT Karya Bakti Adil adalah anak perusahaan dari PT Berlian Laju Tanker tbk yang mengurusi pengawakan kapal ( Crew Manning and Rolling Departement ) dimana penulis melaksanakan praktek kerja nyata. Dalam hal pemenuhan pengawakan kapal Crew Manning and Rolling Departement dalam divisi ini mencakup berbagai hal yang dalam kaitannya :

1. Mengatur dan mengawasi naik turunnya ( Rolling ) awak kapal ( Crew ).

2. Menyediakan awak kapal ( Crew Recruitment ) untuk memenuhi armada.

3. Pemeliharaan awak kapal, serta perencanaan untuk menempatkan awak kapal ( Rolling Crew ) pada kapal yang sesuai oleh kualifikasi yang telah ditetapkan oleh manajemen kapal ( Ship Management ).

Jumlah standar untuk memenuhi crew di suatu kapal tertulis dalam sertifikat safe manning yang sudah ditetapkan oleh Departemen Perhubungan yang dalam hai ini sebagai regulator, ada tiga cara untuk mengatur crew untuk kapal-kapal di suatu perusahaan yaitu :

1. Mempekerjakan crew langsung oleh perusahaan pelayaran.

2. Mempekerjakan crew sesuai sertifikat pendidikan crew.

3. Mempekerjakan crew melalui suatu badan.

Perusahaan pelayaran haruslah menjalankan pengawakan kapal yang baik dan siap untuk memenuhi armada yang ada dalam perusahaan pelayaran itu sendiri. Namun pada kenyataannya untuk pemenuhan crew sering terjadi kurang atau tidak bisa memenuhi jumlah kebutuhan kapal yang dioperasikan oleh perusahaan dan mengakibatkan perencanaan rolling crew menjadi tidak sesuai yang sudah direncanakan begitu juga dengan kesesuaian kontrak crew Maka tujuan dari pembahasan masalah ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perencanaan rolling crew yang berdampak kepada kesesuaian kontrak kerja crew.

Penulis melakukan penelitian pada saat melaksanakan praktek kerja nyata di PT Karya Bakti Adil yang sebagai manajemen crew untuk sebagian besar kapal milik PT Berlian laju Tanker tbk. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis menyajikan objek penulisan skripsi ini dengan judul :

“PENGARUH PERENCANAAN ROLLING CREW BERDAMPAK KEPADA KESESUAIAN KONTRAK KERJA CREW DI PT.KARYA BAKTI ADIL”

B. TUJUAN DAN KEGUNAAN PENELITIAN

1. Tujuan Penelitian

Penelitian yang dilakukan secara umum untuk mengidentifikasi masalah yang timbul, tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan skripsi ini antara lain adalah :

a. Untuk mengetahui besarnya pengaruh perencanaan rolling crew yang berdampak kepada kesesuaian kontrak.

b. Untuk mencari cara agar perencanaan rolling crew yang sudah direncanakan sesuai dengan kenyataannya.

2. Kegunaan Penelitian

Selain dari tujuan penelitian yang hendak dicapai di atas, penulis juga mengharapkan skripsi ini memberikan kegunaan untuk :

a. Penulis dan pembaca, sebagai bahan pengetahuan yang aktual tentang cara perencanaan rolling crew dan dampaknya terhadap kesesuaian kontrak kerja crew.

b. PT Karya Bakti Adil, guna mengevaluasi permasalahan tersebut diatas demi kelancaran manajemen operasional perusahaan. Disamping itu, juga dapat memberikan sumbangan pikiran dan pertimbangan dalam perencanaan rolling crew

c. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, sebagai bahan literature tambahan untuk memperluas wacana tentang keadaan perusahaan pelayaran di Indonesia

C. PERUMUSAN MASALAH

Dari uraian yang telah dikemukakan pada latar belakang masalah dan sesuai dengan judul yang penulis ambil yaitu “PENGARUH PERENCANAAN ROLLING CREW BERDAMPAK KEPADA KESESUAIAN KONTRAK KERJA CREW DI PT KARYA BAKTI ADIL”, maka permasalahan yang akan dibahas adalah mengenai data perencanaan rolling crew yang sudah dijadwalkan yang dipengaruhi oleh data kontrak kerja crew dari PT Karya Bakti Adil selama rentang waktu oktober 2008 – juni 2009.

Dari identifikasi di atas,rumusan masalah yang akan dibahas sebagai pokok permasalahan pada skripsi ini adalah :

1. Apakah yang menyebabkan pergantian crew kapal tidak sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan.

2. Apakah yang menyebabkan crew recruitment belum sesuai dengan standar dan sumber daya manusia yang kurang

3. Apa dampak dari bentuk kontrak kerja yang tidak sesuai

D. BATASAN MASALAH

Dalam penyusunan skripsi ini penulis akan membatasi masalah sesuai dengan judul pembahasan yang akan ditekankan pada faktor terjadinya perencanaan rolling crew yang tidak sesuai, kurangnya sumber daya manusia yang sesuai dengan standar crew recruitment dan dampaknya terhadap bentuk kontrak kerja crew pada rentang waktu oktober 2008 – juni 2009. di PT Karya Bakti Adil

E. SISTEMATIKA PENULISAN

Dalam sistematika penulisan skripsi ini akan diajukan 5 bab, yang diawali dengan hal – hal yang bersifat umum, namun berhubungan dengan penulisan yang disajikan ( sebagai pengantar ) dan kemudian pada tiap - tiap bab akan dibagi sub bab yang saling berkaitan dan selanjutnya penulis membahas tentang hal – hal yang berkaitan langsung dengan judul dan disusun sedemikian rupa sehingga diharapkan akan sangat memudahkan para pembaca memahami, bahkan lebih mengerti tentang apa yang dijelaskan oleh penulis dalam skripsi ini.

BAB I PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis memuat pendahuluan yang menguraikan latar belakang masalah, tujuan penelitian, kegunaan penelitian, rumusan masalah, dan sistematika penulisan.

BAB II LANDASAN TEORI

Bab ini mengemukakan tentang tinjauan pustaka atau menjelaskan teori – teori yang ada hubungan dengan masalah secara deduktif dari teori yang berlingkup luas untuk menganalisa perkembangan permasalahan skripsi serta kerangka pemikiran tentang masalah yang diteliti dan hipotesis.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

Bab ini penulis menjelaskan waktu dan tempat penelitian, teknik penelitian dengan menguraikan tentang tinjauan pustaka, populasi dan sampel serta teknik analisis

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini penulis mengemukakan tentang deskripsi data yaitu mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan, analisis data, dan alternatif pemecahan masalah, serta evaluasi pemecahan masalah

BAB V PENUTUP

Bab ini merupakan bab terakhir dari penulisan skripsi yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Dalam bab ini akan menjelaskan kesimpulan – kesimpulan yang dapat penulis ambil dari keseluruhan, sedangkan saran disesuaikan dengan pembahasan dari perumusan masalah dan hasil pemecahan / solusi pada analisis dan pembahasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar